Sunday, January 27, 2008

Nasihat dari Sang Adik


Duh!! Hari ini agak boring euy..No Activities Outside..
Singkatnya, rumah saya terletak di sebuah komplek kecil yang di dalamnya terdapat sebuah masjid. Dan kami sekeluarga biasanya melaksanakan shalat berjamaah di masjid tersebut bersama warga.

Ketika tiba waktu shalat Ashar, terdengarlah kumandang azan. Entah kenapa, rasanya diri ini menunda nunda untuk segera berangkat ke masjid sambil tidur-tiduran. Anehnya, sang adik perempuanku tercinta tiba-tiba saja menghampiri saya dan berkata, "Teh!! Ayo cepetan kita ke masjid!". Padahal, biasanya ia selalu pergi ke masjid bersama ibu saya. Lalu saya berpikir dan berkata dalam hati, "Hey! Ada apa dengan sang adik?"..Biasanya ia harus disuruh oleh ibu terlebih dahulu barulah ia bersiap-siap untuk berangkat ke masjid (maklum masih kelas 2 SD).. Tapi, kali ini ia yang mengajak saya terlebih dahulu. Subhanallah..Sesungguhnya hanya Allahlah dzat yang maha menggerakkan segala sesuatu.

Namun, berhubung saya juga agak sedikit iseng..Saya menggoda sang adik dengan berpura-pura mengatakan, "Hmm..ntar ah!!" sambil bersantai-santai. Dari pernyataan tersebut, saya ingin tahu apa respon yang akan diberikan olehnya. Dan saya terkejut ketika tiba-tiba ia mengucapkan beberapa kalimat. "Ih!!teteh mah..Ayo cepetan, teh!!"." Kan kata ayah kalau Ga shaLat Ashar dosa". Lalu saya berkata, " De'! Semua shalat juga (5 wkt) kalau ditinggalkan dosa..". Dan sang adik menjawab, " Ih!! Kata ayah gitu, teh!" (maklum masih kecil berantakan ngomongnya). Lalu saya pun seketika mengerti dengan perkataannya. Saya ingat bahwa ayah selalu mengingatkan kepada kami untuk tidak telat apalagi sampai meninggalkan shalat, terutama Subuh dan Ashar. Dan yang sangat-sangat urgent sekali adalah shalat Ashar. Itulah maksud sang adik. Hmm..ada yang tahu dalilnya..Afwan niyh saya lupa..

(dilanjutkan) Lalu, sang adik menambah ucapannya, " Iya, ntar kan dosa kalau Ga shalat!!. " Kalau shalat pas waktunya udah habis (maksudnya kalau disengaja)!! Ntar shalatnya Ga dapet pahala loh, teh!" Subhanallah..Suata teguran yang simple namun membuat saya berpikir melihat sang adik yang begitu semangat. Dan ketika itu pun saya langsung bergegas bersiap-siap untuk pergi ke masjid.

Hmm..jadi sebuah renungan untuk kita semua. Apakah kita yang jauh lebih dewasa, yang tentunya lebih tahu banyak, dan lebih mengetahui mengenai hal baik/buruk kalah dengan semangat seorang anak kecil..

No comments:

Post a Comment