Saturday, August 30, 2008

Marhaban Yaa Ramadhan (Persiapan Menyambut Ramadhan)

Senangnya dua hari lagi kan tiba bulan suci yang selalu dinanti-nanti oleh kita semua. Bulan yang penuh dengan segala kebaikan dan keutamaan. Semoga kita semua dapat bertemu dengannya. Amin..

Nah! Sekarang, sudah siapkah kita dalam menyambut bulannya?? Ayo, masih ada waktu. Bagi yang belum menentukan target masih ada kesempatan. Jangan sampai kita melewati bulan yang penuh berkah tersebut dengan tanpa makna karena pada saat itu pahala kebaikan benar-benar diobral 10 hingga 700 kali dan sampai dengan yang dikehendaki oleh Allah..Mari kita manfaatkan dengan sebaik mungkin. Waktunya terbatas loh!! Cuma satu bulan..
Alangkah baiknya dalam bulan Ramadhan nanti kita bisa mencapai:

  • Sukses Puasa, tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar, melainkan puasa selayaknya orang yang puasa dengan menahan diri dari segala perbuatan-perbuatan dosa dan sia-sia.
  • Sukses Tilawah, targetkan minimal satu kali khatam baca Al-Quran. Nah! Menurut saya di sini perencanaan menjadi faktor yang penting, khususnya untuk para kaum hawa. Kalo ikhwan sih enak cz nggak ada masa yang namanya menstruasi. Jadi, kalo targetnya khatam baca Al-Qur'an satu kali, bisa dicapai dengan lebih mudah. Karena Al-Qur'an itu ada 30 juz, maka dengan membaca sehari satu juz itu sudah cukup. Biasanya satu juz Al-Qur'an itu sekitar 10 lembar (20 halaman). Jadi, cukup membaca dua lembar tiap ba'da shalat wajib. Saya sarankan sih untuk ikhwan target minimalnya khatam dua kali aja..he. Tadi saya ngebahas ikhwan, sekarang saya ngebahas untuk para akhwat. Kenapa tadi saya bilang bahwa perencanaan untuk poin ini penting? Itu karena waktu kita untuk bisa membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan itu akan lebih sedikit ketimbang ikhwan karena kita bakal ketemu sama si "M". So, kita nggak cukup membaca sehari hanya 10 lembar kalo targetnya mau khatam baca Al-Qur'an minimal sekali. (Tips & Triknya saya bahas di kolom komentar aja ya biar poin ini nggk kepanjangan ^_^)
  • Sukses Shalat Malam, bisa mengerjakan shalat malam setiap hari, termasuk ke dalamnya tarawih berjamaah setiap malam
  • Sukses Bersedekah & Zakatnya
  • Sukses Lailatul Qadarnya, bisa i'tikaf di sepuluh malam terakhir.

Tentunya semua itu bukan hal yang mudah kita capai tanpa sebuah perencanaan dan persiapan. Ada 4 hal loh yang perlu kita siapkan menjelang datangnya Ramadhan:

1) ‘Idad Ruhi Imani (Persiapan Ruh Keimanan)
Bagaimana caranya? Yaitu dengan menghindari diri dari berbuat maksiat dan dzalim, yang termasuk di dalamnya menghindar dari perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat. Mulai sekarang jauhkan mata kita, telinga kita, hati kita, tangan kita, kaki kita, mulut kita dari dari hal-hal yang tidak Allah senangi. Masih pantaskah kita memperbanyak menonton sinetron-sinetron di TV, kemudian terlena dengan lagu-lagu yang tidak mengingatkan kita pada Allah. Ingat! Waktu kita hanya satu bulan. Dan kita pun tidak tahu apakah kita dapat menjumpai kembali bulan Ramadhan yang berikutnya. Perbanyaklah berinteraksi dengan Al-Quran dan qiyamul lail untuk menguatkan ruh keimanan kita. Sebenarnya tahap ini harus sudah disiapkan dari jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadhan tiba. Namun, tidak ada salahnya bagi yang akan memulainya. 

2) ‘Idad Jasadi (Persiapan Fisik)
Seperti yang kita ketahui, meskipun kita sedang berpuasa, namun kegiatan kita sehari-hari harus tetap berjalan. Oleh karena itu, kita membutuhkan kondisi fisik yang lebih prima. Bila perlu konsumsilah multivitamin untuk menjaga ketahanan tubuh kita. 

3) ‘Idad Maliyah (Persiapan Harta)
Khususnya bagi para mahasiswa yang ngekos seperti saya, kita harus sudah punya “Rencana Keuangan” dari sekarang akan kita gunakan untuk apa saja uang yang dikirimkan oleh orangtua kita nanti. Jangan sampai uang tersebut kita habiskan hanya untuk berbuka di tempat-tempat yang mahal dan belanja ini itu yang tidak begitu penting tanpa menyisihkannya untuk bersedekah. Padahal setiap kebaikan di bulan Ramadhan dilipat gandakan menjadi 10 hingga 700 kali lipat, dan ila masya Allah (sampai yang dikehendaki oleh Allah). Subhanallah…betapa sayangnya bila kita tidak memanfaatkan bulan ini sebagai ladang untuk beramal sebagai tabungan kita di akhirat kelak. 

4) ‘Idad Fikri wal ‘Ilm (Persiapan Intelektual & Keilmuan)
Yaitu memperbanyak ilmu dan wawasan kita tentang persepsi-persepsi Ramadhan dan shaum yang benar, di antaranya melalui tarhib Ramadhan, ta’lim, dsb.

Nah! Gimana, Guys?! Sudah mantapkah kita?!
Ayo semangat!! Tentukan tujuan, persiapkan diri dari sekarang, dan mari kita raih sukses Ramadhan. Insya Allah..


Inget, Sahabat!! >>> Gagal Merencanakan = Merencanakan Gagal
Semoga kita dapat termasuk ke dalam golongan orang-orang yang beruntung, yaitu orang-orang yang ketika ditinggalkan oleh Ramadhan, dosa-dosanya telah diampuni oleh Allah sehingga ia layaknya bayi yang baru dilahirkan.

2 comments:

  1. Sesuai dengan janji saya di atas, di sini saya akan sedikit membagi kiat sukses (tips & trik) khatam baca Al-Qur'an dalam satu bulan untuk para akhwat. Afwan, mungkin ada sahabat-sahabat yang targetnya jauh lebih tinggi di atas saya..Mungkin banyak di antara sahabat yang sudah biasa mengkhatamkan bacaan Al-Qur'an nya dua s.d tiga kali dalam satu bulan, khususnya Ramadhan. Di sini saya hanya ingin berbagi saja kepada sahabat-sahabat akhwat yang memiliki sedikit kesulitan dalam mengkhatamkan bacaan Al-Qur'an nya dalam satu bulan.. n_n

    Dalam membuat perencanaan, sebaiknya gunakan kemungkinan waktu yang paling sedikit, berhubung kita nggak tau berbagai faktor penghambat yang ada di depan sana. So, selambat-lambatnya kita masih bisa mencapai target sesuai dengan batas waktu maksimal.

    Karena kemungkinan jumlah hari dalam satu bulan kalender hijriah itu 29 atau 30 hari, dengan alasan di atas, saya memakai ukuran 29 hari untuk perhitungan hari dalam perencanaan.

    Saya tidak menggunakan juz dalam target harian karena sedikit lebih membingungkan. So, mula-mula saya melihat jumlah total halaman dalam Al-Qur'an. Dari total tersebut dibagi dua (:2). Ini untuk mengubah satuan menjadi lembar. Kenapa saya ubah jadi lembar? Toh bakal sama aja..

    Terserah sih sahabat mau menggunakan yang mana. Alasan saya itu karena manusia itu cenderung ngerasa berat duluan kalo ngeliat jumlah satuan yang banyak. Makanya saya ubah jadi lembar biar terkesan lebih sedikit. Contoh: 20 hlm:2=10 lembar. Keliatan lebih sedikit kan?! So, biasanya jadi lebih semangat.. ^_^

    Nah! Setelah kita dapet angka tadi, kita bagi deh sama jumlah hari yang kita "available" untuk baca Al-Qur'an. Ini disesuaikan dengan jumlah hari sahabat kalo lagi "M". Kalo saya sih biasanya 8 hari, terus ditambah 2 hari kalo-kalo lebih. Kan kadang suka lebih beberapa hari kalo dipengaruhi beberapa faktor (inget juga prinsip menggunakan waktu yang paling sedikit dalam perencanaan).

    So, jumlah hari yang saya "available" unutuk baca Al-Qur'an itu 29-10hari=19 hari. So, rumusnya itu >>> (jmlh lembar dalam Al-Qur'an):(jmlh hari "available"):5

    5 itu maksudnya teh shalat 5 waktu. Jadi parameter saya tiap ba'da shalat itu setidaknya harus baca sekiat lembar. Kalo nggk terlaksana karena sesuatu hal (mungkin ada kuliah,mau ada syura,dan keperluan lainnya), ya jadi utang yang harus dilunasi pada hari itu juga.

    Afwan nggak ngasih perhitungan rincinya cz saya lagi nggak megang Al-Qur'an. Tapi, seinget saya sih biasanya itu hasil akhir dari perhitungan itu saya harus membaca 25 lembar dalam sehari. Kalo dicicil bisa 5 lembar tiap sehabis shalat wajib atau 2,5 lembar tiap sebelum dan sesudah shalat wajib.. n_n

    Sekarang jadi lebih enak kan?!
    Cz kita udah parameter yang pasti untuk bisa mencapai 1x khatam bacaan Al-Qu'ran dalam 1 bulan. Selamat mencoba dan semoga sukses!! ^_^

    ReplyDelete
  2. eh,afwan..ada ralat
    itu teh yg baca 5 lbr tiap kali shabis shalat fardhu itu teh utk target saya khatam 2x (1x khatam +/- 10 hr)

    Utk khatam 1x dlm 19 hr (29-10=19hr)
    knp 29 hr dikurang 10 hr?
    pnjelasan ny ada di kolom komentar saya yg prtama..

    604 hlm:2 = 302 lbr
    302 lbr:19 hr = 16 lbr/hr
    16 lbr:5 shalat fardhu = 3,2 (3 lbr)

    Simple kan?!
    Cuma 3 lbr tiap habis shalat loh.. ^_<


    Utk khatam 2x dlm 19 hr
    19:2 (2x khatam) = 9,5 hr > sekali khatam butuh wktu 10 hr
    berarti..
    302 lbr:10 hr = 30 lbr/hr
    30 lbr:5 shalat fardhu = 6 lbr
    biar lebih mudah baca 3 lbr sblm shalat fardhu dan 3 lbr ssudah shalat fardhu..

    Mari mengkhatamkan Al-Qur'an
    Let's we fastabiqul khairat!!

    ReplyDelete