Friday, January 03, 2014

Dorayaki Time..



Pada tau kan makanan kesukaannya Doraemon?!..hihhiii. Dulu waktu saya masih kecil, Ibu saya pernah bawain saya makan ini. Tiba-tiba saya jadi kepingin gara-garanya abis ngeliat FB temen saya yang di-tag sama temennya video cara membuat Dorayaki. Wah, tiba-tiba saya langsung search aja deh resepnya. Seperti biasa, saya selalu mencari banyak resep dari berbagai sumber untuk saya bandingkan terlebih dahulu. Kemudian saya pilih yang banyak digunakan dan agak masuk akal lah gitu..hehe. Dan setelah beberapa kali bikin, akhirnya saya rasa resep di bawah ini yang paling OK. Check this out..

Bahan Pancake
   2 butir Telur
100 gr tepung terigu + 1/2 sdt baking soda (aduk jadi satu)
  50 gr gula putih
  50 ml susu cair manis (+/- 5 sdm)
 1/4 sdt garam

Isi
Selai cookelat, keju, selai strawbery (sesuai selera)


Tahapan Pembuatan:
Kocok telur > masukka gula, aduk > tuangkan susu cair, aduk > masukkan tepung terugi + baking soda, aduk > masukkan air > tutup adonan, diamkan +/- 1
5 menit

Panaskan wajan datar (yang anti lengket) gunakan api yang palinng kecil > oleskan mentega ke wajan (pake tisu aja kalau nggak punya kuas kayak abang-abang tukang martabak) > tuang sekitar 1 scoop adonan ke wajan dan tunggu hingga muncul gelembung-gelembung hampir di seluruh permukaan adonan, kemudian baru dibalik > diamkan secukupnya > angkat > isi sesuai selera.

Nb:
Takaran untuk empat porsi dorayaki
Kocok adonan biasa aja, jangan menggunakan mixer
Beberapa sumber ada yang menambahkan 2 sdm madu
Jangan terlalu banyak baking soda karena akan membuat adonan menjadi pahit

Oh iya.. anyway, adonan ini bisa untuk bikin kue cubit juga lohh. Bedanya saat adonan udah muncul gelembung-gelembung (nggak perlu nunggu gelembungnya sampe banyak) langsung aja ditaburin toping dan kemudian wadah ditutup, tunggu beberapa saat sampe mateng. Nihh jadinya kayak gambar di samping. Tapi kalo gambar disamping ini niatnya saya mau bikin kue cubit 1/2 mateng, tapi malah kematengan. Jadinya kue cubit 3/4 mateng deh..he


Well, selamat mencoba..  \ (^_^) /

No comments:

Post a Comment